Sekolah Dasar Negeri 3 Tigawasa

MINUS PAHLAWAN TANPA TANDA JASA

Unggul dalam mutu dan santun dalam budi pekerti, merupkan visi sebuah Sekolah Dasar Negeri 2 Tigawasa yang letaknya jauh dari kebisingan kota ini. SD yang berdiri pada tanah seluas 1400 m2  pada tahun 1978 ini dipimpin oleh kepala sekolah baru I Wayan sumadana, A.Ma.Pd. SD yang beralamat lengkap di banjar dinas Dauh Pura Desa Tigawasa kec. Banjar Kab. Buleleng ini memiliki 6 orang PNS  (termasuk kepala sekolah, guru agama dan penjas, dan guru kelas), 1 orang guru kontrak, 1 orang guru honor, 1 orang penjaga sekolah, dan 1 orang pegawai honor tata usaha.

Menurut Sumadana, walaupun letaknya tergolong di daerah terpencil, SD yangmemiliki siswa 166 orang (88 laki-laki, 78 perempuan) ini memiliki sederatan prestasi yang cukup membanggakan, diantaranya adalah: juara 1 Lomba Matematika Tk. Kecamatan 2007 a.n Luh Windarini, juara III Lomba murid berprestasi Tk. Kecamatan 2007 a.n Bayu Sandika, Juara III Lomba Aktivitas SD Tk. Kecamatan 2007, Juara I Melukis Tk. Kecamatan 2007 a.n Kadek Ardi Pratama, Juara I Lomba Tolak Peluru Putra Tk. Kecamatan 2007 a.n I Putu Edi Suartika, Juara II Lomba Sinopsis Tk. Kecamatan 2008, Juara I Lomba Mesatwa Bali Tk. Kecamatan 2008 a.n I Putu Indrayana, Juara I Lomba Mesatwa Bali Tk. Kecamatan 2010 a.n Luh Suryaningsih, dan masih banyak lagi prestasi yang diraih oleh sekolah ini.

SD yang memiliki memiliki beberapa misi sekolah meningkatkan kualitas pembelajaran, berkompetisi yang sehat, menumbuhkan penhayatan agama, dan partisipasi aktif semua warga, juga memiliki kiat sukses diantaranya adalah mengefektifkan pembelajaran dengan memberikan jam tambahan, sosialisasi pada komite, dan memberikan pembinaan secara terprogram “, ungkap Sumadana dengan mantap.

Diakhir perbincangan dengan TPI, Sumadana yang didampingi oleh guru penjas Luh Ayu Marheni, menyampaikan hal yang tergolong baru di SD ini adalah dengan  terselenggaranya program jalan santai dan penjelajahan alam. Kegiatan ini adalah program kepramukaan yang wajib dilaksanakan oleh warga sekolah setiap hari sabtu. Penjelajahan alam ini bertujuan untuk mengakrabkan warga sekolah dengan alam sekitar.  Sumadana juga menyampaikan kendala yang dihadapi di sekolah adalah masih kurangnya tenaga pendidik, karena tenaga guru masih banyak dari tenaga pengabdian. Semoga pemerintah bisa mempertimbangkan hal ini. Svaha. (RVN)

About DESA TIGAWASA
KAMI ADALAH GENERASI ANAK MUDA BALI AGA YANG INGIN MEMAJUKAN DESA KAMI. KAMI SEBAGAI GENERASI MUDA DARI DESA BALI AGA BERKEINGINAN MELASTARIKAN BUDAYA KAMI, DAN MEMPRKENALKAN BUADAYA KAMI. AJEG BALI, AJEG BALI AGA.!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: